Hukum Membaca “Aamiin” Ketika Shalat

Ketika shalat berjama’ah dan imam selesai membaca Al Fatihah, kita dapati sebagian jama’ah ada yang mengucapkan “Aamiin” dan ada sebagian lain yang diam saja. Sebenarnya bagaimanakah hukum mengucapkan “Aamiin” bagi makmum? Apakah “Aamiin” termasuk kewajiban dalam shalat atau tidak? Masalah ini dijawab oleh Asy Syaikh Al ‘Allamah Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullahu Ta’ala.Tanya : Apakah membaca Aamiin adalah sunnah?

Fadhilatusy Syaikh rahimahullahu Ta’ala menjawab:

Ya, membaca “Aamiin” adalah sunnah muakkad, apalagi jika imam membaca amin, seperti yang dijelaskan dalam Shahihain dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إذا أمن الامام فأمنوا فإنه من وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه

“Apabila imam mengucapkan amin, hendaklah kamu mengucapkan amin karena sesungguhnya barangsiapa yang mengucapkan amin sebagaimana yang diucapkan oleh para malaikat, niscaya akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala segala dosa yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi bacaan amin imam dan makmum dilakukan bersama-sama, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika imam mengucapkan ‘Wa ladhdhaallin’ (وَلَا الضَّالِّينَ) maka ucapkanlah: ‘Aamiin’. (Muttafaqun ‘alaihi)

Disalin dari : Tuntunan Tanya Jawab, Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin, hal. 337. Penerbit Darul Falah dengan sedikit perubahan

Tag:

3 responses to “Hukum Membaca “Aamiin” Ketika Shalat”

  1. taufik prayogo says :

    Assalamu’alaikum…ada sedikit yang mengganjal dalam hati saya dalam pengucapan kata Amin. bagaimanakah pengucapan kata amin yang benar, karena saya sering melihat tulisan yang mengucapkan kata Aamiin, Amin, Amien.
    dari kata ke 3 kata amin diatas, mana yang paling benar pengucapannya ? dan apakah ketiga kata amin diatas tersebut memiliki arti yang berbeda ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: