Budak Wanita Yang Seharga Seutas Tali

الحديث الخامس والاربعون بعد الثلاثمائة

عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ بْنِ مَسْعُوْدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَزَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الجُهَنِّى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : سُئِلَ النَبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْأَمَةِ إِذَا زَنَتْ وَلَمْ تُحْصَنْ؟ قَالَ :”إِنْ زَنَتْ فَاجْلِدُوهَا ثُمَّ إِنْ زَنَتْ  فَاجْلِدُوهَا ثُمَّ إِنْ زَنَتْ فَاجْلِدُوهَا ثُمَّ بِيعُوهَا وَلَوْ بِضَفِيرٍ”

قَالَ ابْنُ شِهَابٍ :”ولَا أَدْرِي أَ بَعْدَ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ”

و الضَفِيْرِ الحَبْلُ

dari ‘Ubaidullah dari Abu Hurairah dan Zaid bin Khalid radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang seorang budak wanita bila berzina sedangkan dia belum menikah, maka Beliau bersabda: “Jika dia berzina maka cambuklah ia, kemudian bila berzina lagi maka cambuklah ia, kemudian bila berzina lagi maka cambuklah ia, kemudian dijual sekalipun seharga seutas tali”.[1]
Ibnu Syihab berkata: “Aku tidak tahu apakah dia dijual setelah tiga kali atau empat kali berzina”.

Makna الضَفِيْرِ adalah seutas tali.

Kandungan Umum Hadits

Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam ditanya tentang hukuman had bagi budak perempuan yang berzina tapi belum menikah ,maka Nabi menyampaikan bahwa hukum had diterapkan pada budak perempuan yang belum menikah tersebut. Hukumannya adalah setengah dari hukuman wanita yang merdeka, maka sebanyak 50 kali cambukan. Dan jika dia berzina untuk kedua kalinya, maka dicambuk 50 kali juga agar dia tidak berbuat yang jelek seperti itu lagi. Dan jika dia berzina untuk ketiga kalinya, dan hukuman had tidak membuatnya jera juga dan ia juga tidak bertaubat kepada Allah Ta’ala, dan ditakutkan akan tersebarnya aib, maka budak itu dicambuk kemudian dijual meski hanya dengan harga yang paling murah, yaitu seutas tali. Karena tidak ada kebaikan bagi tuannya dengan memiliki budak yang seperti itu dan ditakutkan kehadiran budak tersebut menjadi sebab rusaknya citra tuannya dan keluarganya di mana budak tersebut tinggal di rumah mereka.

Pelajaran Yang Bisa Dipetik Dari Hadits

1. Hukuman had bagi budak yang belum menikah yang berzina ialah dengan hukuman cambuk, yaitu setengah dari hukuman bagi perempuan merdeka.

Adapun wanita merdeka yang belum menikah yang berzina, maka hukumannya adalah dicambuk 100 kali dan diasingkan selama setahun. Jadi hukuman budak yang belum menikah yang berzina adalah 50 kali cambukan tapi tidak diasingkan karena ditakutkan tuannya akan kesulitan jika budaknya tidak ada dan juga ditakutkan budaknya malah mengulang perbuatannya di tempat pengasingannya.

2. Jika budak tersebut mengulangi perbuatannya sedangkan hukuman cambuk tidak membuatnya jera, maka budak tersebut dijual meski dengan harga yang paling murah karena tidak ada kebaikan dengan keberadaan dirinya dan tidak bermanfaat mengajari adab kepadanya

3. Pemilik budak boleh menegakkan hukum had kepada budaknya khusus hukuman cambuk. Adapun hukuman mati atau potong tangan, maka yang berhak melakukannya adalah penguasa.

Adapun hukuman had untuk selain budak (orang merdeka), maka yang berhak melakukannya adalah penguasa, sama saja apakah hukuman cambuk, potong tangan, atau lainnya. Ini adalah madzhab jumhur ‘ulama, diantaranya adalah 3 imam madzhab, yaitu Imam Malik, Imam Syafi’I, dan Imam Ahmad rahimahumullahu.


[1] Riwayat Bukhari [no. 2153 dan 2154 kitab Al Buyu’, no. 2555 dan 2556 kitab Al ‘Itqu, no. 6837 dan 6838 kitab Al Hudud], Muslim [no. 1703 dan 1704 kitab Al Hudud], Malik dalam Al Muwaththo’ [2/826] kitab Al Hudud, dan Ahmad dalam Musnad-nya [2/249, 422],[4/116, 117, 343]

Tag:

One response to “Budak Wanita Yang Seharga Seutas Tali”

  1. Aha Gambreng says :

    Hem…. Bgus. Ilmu bru bwatku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: